medis, parenting, bisnis, religi

Membasuh Luka Pengasuhan



Buku ini sudah masuk wishlist saya sejak lama. Tema membasuh luka pengasuhan memang menjadi PR. Ada dua buku dengan judul serupa. Tapi kali ini saya membahas buku karangan psikolog Diah Mahmudah yang diterbitkan oleh Zenawa publishing house dengan tebal 168 halaman.

Buku ini merupakan buku pertama dari trilogy postive parenting. Buku kedua berjudul Ayah Tangguh karya Dandy Birdy, dan buku ketiga Membayar Hutang Pengasuhan karya beliau berdua. Berbeda dengan buku kedua yang jelas-jelas ditujukan untuk sosok ayah, buku pertama ini ditujukan untuk bunda dan calon bunda.

Yang menarik dari buku ini adalah setiap bab bukunya dimulai dengan huruf yang jika dirangkai akan menjadi nama DANDIAH. Kreatif sekali.Buku ini tidak hanya menceritakan apa itu luka pengasuhan, tetapi juga mengajak mengidentifikasi penyebab hingga diberi latihan skill langsung untuk membasuh luka tersebut. 

Yang menarik lagi, di sini juga disisipkan kuesioner untuk menilai, seberapa jauh diri kita terluka. Sehingga kita bisa menilai apakah innerchild kita cukup parah atau bahkan tidak punya innerchild buruk sama sekali.

Latihan yang ditawarkan dari buku ini sifatnya memang hanya contoh. Sangat boleh untuk dimodifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keberhasilan. Artinya, jika memang belum berhasil alias belum memberikan dampak apapun, sebaiknya ditambah lagi latihannya. 

Yang dilatihkan pun cukup komprehensif meliputi segala aspek kehidupan, bukan hanya tentang psikologis saja. Setidaknya ada lima pilar mental wellnes journay yang dicontohkan di buku ini, yaitu
  1. Pilar emosi
  2. Pilar fisik
  3. PIlar intelektual
  4. Pilar spiritual
  5. Pilar sosial 
Masing-masing pilar ini terdiri dari 8 contoh aktivitas. Misal di pilar emosi, kita diajak untuk mempraktikkan empty chair yaitu sebuah metode dimana kita duduk menghadap sebuah kursi kosong. Lalu kita membayangkan ada sosok yang melukai kita sedang duduk di sana. Kita diharapkan bisa mengeluarkan segala luka dan uneg-uneg kepadanya, yang mungkin tidak bisa kita ungkapkan sebelumnya dalam dunia nyata.

Di pilar fisik misalnya, kita diajak untuk meninjau pola tidur kita. Berapa lama kita tidur malam, dan bagaimana kualitas tidurnya dalam range angka 1-10. Begitu juga dengan pilar-pilar lainnya ada tips praktis yang bisa langsung dicoba.

Bukan hanya berisi teori dan contoh, buku ini juga dilengkapi kisah beberapa klien Ibu Diah Mahmudah dalam berdamai dengan luka pengasuhannya. Kisah-kisahnya membuat hati menghangat dan menambah strong why bahwa kita sebagai pembaca pun pasti juga bisa membasuh luka pengasuhan yang terlanjur kita terima.

Penasaran? Langsung saja baca bukunya.

4 komentar:

  1. kereen.. masuk wishlist baca juga.. smoga bs mengambil ilmu n mngamalkan ilmunya... :)

    BalasHapus

@templatesyard