medis, parenting, bisnis, religi

Bunda Sayang, 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak



Identitas Buku

Judul: Bunda Sayang: 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak
Penulis: Komunitas Institut Ibu Profesional
Penerbit: Gaza Media
Tahun terbit: 2013
Jumlah halaman: 192

Sinopsis

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi tentang dua belas ilmu yang dibutuhkan untuk mendidik anak. Bagi seorang ibu, tentu ada keterampilan-keterampilan tertentu yang harus dikuasai. Kadang kala ada ibu yang fokus pada satu ilmu, namun ternyata tercecer dengan ilmu lainnya.

Di buku ini, seorang ibu akan dipandu untuk menguasai setidaknya dua belas ilmu dasar yang bisa membekali dirinya dalam mendidik anak. Kedua belas ilmu ini menjadi basic sehingga sang anak dapat memiliki keterampilan hidup yang mumpuni untuk melanjutkan kehidupannya di masa yang akan datang.

Kedua belas ilmu dasar itu adalah:
  1. Komunikasi produktif
  2. Memandu kemandirian anak
  3. Melejitkan kecerdasan emosi dan spiritual
  4. Mengenal gaya belajar anak
  5. Mendidik anak suka membaca dan menulis
  6. Saya suka matematika
  7. Semua anak adalah bintang
  8. Cerdas finansial sejak dini
  9. Memacu kreativitas anak sejak dini
  10. Membangun karakter anak lewat dongeng
  11. Pendidikan seks yang tepat dan benar sejak dini
  12. Keluarga multimedia: membangun kebersamaan melalui teknologi

Tidak hanya berisi ilmu-ilmu yang seolah disajikan secara teoritis, setiap bahasan juga dibuka dengan sepenggal cerita dari para penulis tentang kisah mereka membersamai anak dengan tema serupa. Cerita ini menjadi pemantik sehingga pembaca bisa relate dengan ilmu yang akan dipaparkan.

Review

Member Ibu Profesional tentu sudah tidak asing dengan judul atau tema-tema yang diangkat di buku ini. Begitu juga untuk saya pribadi yang sudah mengikuti perkuliahan Bunda Sayang beberapa tahun lalu. Tapi meski sudah mengikuti perkuliahan, membaca bukunya ternyata tak kalah menarik juga.

Bagi saya yang tipe visual, membaca materi melalui buku lebih menarik dan meresap dibandingkan menyimak penjelasan kakak-kakak fasilitator lewat streamyard. Saat kuliah dulu, saya mempraktikkan ilmu ini pada anak pertama. Ketika membaca buku ini, saya seolah diingatkan kembali tentang apa saja yang perlu saya latihkan bersama anak kedua dan ketiga.

Meski temanya sama, tetap ada hal berbeda ketika membaca buku ini secara langsung. Terlebih buku ini dicetak pertama kali tahun 2013, saat saya bahkan belum menikah. Buat saya yang suka penasaran, saya justru tergelitik, "Apa sih materi Bunda Sayang versi asli yang disampaikan langsung oleh Ibu Septi, dibandingkan materi up date yang ditayangkan di live?" 

Salah satu perbedaannya adalah tema keterampilan yang terbagi daam 12 ilmu, yang mana saat sesi fasilitasi sudah dirangkum menjadi 10 tema ilmu dalam rangka untuk menghemat waktu. Dengan terbagi menjadi 12 bab, maka penjelasan di buku ini pun menjadi lebih mendalam. Sebagai contoh, saya baru tahu tentang konsep jarimatika yang diulas tipis di buku ini, sedangkan saat perkuliahan live tidak dicontohkan teknik-teknik ini.

Untuk saya yang suka kebingungan untuk review materi dari berbagai rekaman live, buku ini jelas worthed untuk dimiliki. Setidaknya saya bisa membuka ulang di bagian mana saya ingin memperdalam lagi jika suatu waktu menemui tantangan terkait ilmu mendidik anak.

"Bersungguh-sungguhlah dalam mendidik anak dan mengelola keluarga, maka kita akan dihargai dengan kesungguhan itu"- Septi Peni Wulandani-
Selamat bersungguh-sungguh membersamai ananda. Selamat menjadi bunda penuh kasih sayang untuk anak tercinta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@templatesyard